Sabtu, 09 Oktober 2010

Belajar Hidup Sehat

Huyuh.. Jam segini baru nge-Post di Blog.. Astaga.. Males banget rasanya liatin komputer tiap hari.. Butek nih mata.. Hahahahaha.. Ya mau gemana lagi, udah kerjaannya begini tiap hari.. Ditambah lagi dengan gak adanya libur ampe akhir tahun ini.. Haiyah.. Makin butek nih otak.. Masa iya tiap hari kudu update kegiatan terus.. Hehehehehe.. Kalo gak ngapa"in bosen juga.. Serba salah.. Gue dilema nih.. Ciaelah getoh ajah dilema.. Huwakakakaka..

Biar gak dilema, mulai dari saat ini gue harus mencoba menyusun jadwal ulang.. Apa" ajah yang harus gue kerjain ditempat kerjaan biar gak bosen dan apa" ajah yang harus gue kerjain waktu di rumah..

Tema siang ini adalah dengan "Belajar Hidup Sehat".. Kenapa gue bikin tema kayak getoh.. Gak nyambung banget sama bahasan diatas kesannya ya.. Hahahahaha.. Siapa bilang gak nyambung.. Dengan hidup sehat pikiran jadi bersih.. Tadi kan gue bilang kalo pikiran gue lagi butek banget.. Hohohohoho.. Okay mari kita bahas bersama..

Berhubung aktivitas gue berjam" didepan komputer, jarang gerak, duduk terus, melototin komputer terus, dan udah gitu lebih parahnya stress melanda kalo customers udah mulai pada berisik dan banyak nanya.. Hahahahaha.. Parah dah.. Maka dari itu gue harus bisa mengontrol semua masalah itu.. Dibahas satu persatu ajah kale ya.. Gpp lah panjang sedikit yang penting berguna.. :P

Kebetulan tadi gue lagi Googling juga tentang ini, jadi gue ambil ajah tips ini dari salah satu Blog orang lain yang gue baca tadi.. Hanya membantu untuk berbagi tips ajah sama kalian semua.. Semoga bisa bermanfaat buat semuanya ya.. :D

------------------------------------------------------------------------------------------------------

Ada tiga hal utama yang perlu kita perhatikan bila kita ingin mendapatkan tubuh yang sehat, yaitu :

- Mengubah Pola Makan
- Olahraga
- Cukup Istirahat

Dari ketiga hal tersebut, olahraga masih merupakan solusi yang dianggap cukup berat bagi sebagian orang. Alasannya standar, sulit mengatur waktu, atau memang malas.

Namun, untuk memperbaiki kondisi kesehatan tertentu, ternyata olahraga tidak selalu menjadi solusi terbaik. Para pakar lebih menyarankan Anda untuk berdiet, alias mengubah pola makan. Lalu, problem kesehatan apa saja lebih baik kita atasi dengan diet atau olahraga?

Menurunkan berat badan

Lebih baik: Diet

Bukankah ini bertolak belakang dengan apa yang selalu disarankan para pakar kesehatan selama ini? Memang, namun penelitian juga membuktikan, mengurangi kalori merupakan jalan paling pintas untuk menjadi langsing. "Jauh lebih mudah mengurangi 500 kalori daripada menghabiskan waktu satu jam di gym untuk membakar 500 kalori setiap hari," kata Timothy Church, MD, PhD, direktur penelitian pengobatan untuk pencegahan di Pennington Biomedical Research Center, Louisiana State University. Meskipun demikian, kombinasi dari diet dan olahraga tetaplah penting untuk menjaga berat badan yang sehat.

Mendongkrak energi

Lebih baik: Olahraga

Latihan menyebabkan otak mencurahkan neurotransmitter yang menguatkan, seperti dopamine dan norepinephrine, demikian menurut Patrick O'Connor, PhD, psikolog bidang pelatihan di University of Georgia. Tidak kurang dari 70 studi mendukung fakta bahwa orang yang berlatih secara konsisten mengalami lonjakan energi.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Lebih baik: Diet

Menurut William Harris, PhD, direktur pusat penelitian kesehatan kardiovaskular di University of South Dakota, kita hanya perlu berfokus pada satu jenis gizi jika berniat menurunkan risiko penyakit jantung. "Yaitu asam lemak omega-3," katanya. Dalam berbagai studi, omega-3 dari ikan menurunkan risiko penyakit jantung hingga 64 persen. Meskipun demikian, berolahraga juga tetap akan menguatkan sistem kardiovaskular Anda.

Mencegah diabetes

Lebih baik: Latihan

Pernah mendengar bahwa hampir 10 juta perempuan Amerika mengidap diabetes? Ini tentu bukanlah fakta yang membanggakan. Memperoleh berat sehat dengan cara mengubah pola makan dan berolahraga adalah pertahanan terkuat terhadap penyakit ini, namun aktivitas fisik lebih memegang peranan. Otot-otot yang terbiasa aktif akan menyerap glukosa dari darah sebagai bahan bakar. Hal inilah yang akan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Mencegah kanker

Lebih baik: Diet dan olahraga

Menerapkan pola makan yang lebih cenderung ke sayur-sayuran dan buah-buahan, dan latihan secara teratur, lebih efektif dalam mencegah kanker. Berbagai studi bahkan telah membuktikan, semakin konsisten Anda berolahraga, semakin tinggi proteksi diri Anda terhadap kanker.

Memperbaiki mood

Lebih baik: Olahraga

Berolahraga ternyata tak harus lama. Sesi selama 20 menit saja sudah cukup untuk memperbaiki mood Anda selama 12 jam ke depan, demikian hasil penelitian University of Vermont. Bagi sebagian orang, meditasi juga bisa menjadi cara yang cukup efektif dalam mengatasi depresi. Sedangkan olahraga mampu membuat perubahan dalam otak yang menguatkan tekad Anda untuk melawan stres.

Semua orang mengetahui cukup bergerak dan berolahraga bermanfaat menjaga kesehatan serta kebugaran. Tetapi, berbagai alasan dilontarkan agar tidak berolahraga.

Alasan yang paling sering dikatakan tiap orang seperti diberitakan dari Shine, di antaranya:

1. "Tempat Gym jauh dan terlalu membosankan"

Ruang keluarga bisa kalian sulap sebagai tempat latihan selama 30 menit. Putar DVD latihan atau cari saluran televisi yang menawarkan gerakan olahraga. Selang-seling latihan olahraga dengan berbagai jenis senam seperti senam kardio, kickboxing, seni bela diri atau gerakan membakar kalori.

2. "Gak punya banyak waktu"

Sebelum melakukan kegiatan apapun atau berangkat ke kantor di pagi hari, sisihkan waktu memutar video latihan atau yoga olahraga selama 15-30 menit. Orang dewasa harus melakukan 150 menit latihan dengan intensitas sedang-seminggu untuk membuat tubuhnya fit.

3. "Beli peralatan olahraga mahal banget"

Pemilik Layanan Kebugaran di Franklin Square, New York, Ken Grant, menyarankan agar dapat berolaharaga di rumah, kalian hanya perlu beberapa peralatan. Seperangkat band lateks, tali karet untuk lompat tali, dumbel 2-3 kg, dan bola stabilitas yang disesuaikan dengan berat tubuh.

4. "Males banget untuk disiplin"

Jika kalian bukan seorang yang disiplin dan merasa membakar kalori didampingi pelatih pribadi belum perlu, sebaiknya ajak beberapa tetangga atau teman untuk saling mengingatkan jadwal olahraga. Atau, Anda bisa mendaftarkan diri di situs online pelatih pribadi, http://www.freetrainers.com/ Kalian akan ditempatkan pada latihan kebugaran yang sesuai dengan tingkat latihan kalian.

5. "Butuh temen waktu olahraga"

Agar olahraga tidak membosankan dan kalian dapat bertemu dengan orang lain yang juga sedang berolahraga, sebaiknya luangkan waktu olahraga di tempat yang banyak dikunjungi orang lain. Ajak keluarga dan teman saat kalian jogging, bersepeda, yoga ataupun berenang.

6. "Males banget sama yang namanya olahraga"

Kadangkala kita merasa olahraga tak memiliki manfaat dan lebih suka mencandu komputer atau permainan video. Ada cara agar Anda dapat bermain sekaligus menggerakkan tubuh dengan menggunakan Wii Fit Plus.

Gadget ini merupakan olahraga video game dari Nintendo berupa papan keseimbangan. Walaupun harganya cukup mahal, Wii konsol memiliki 60 jenis gerakan, dari hula hoop hingga latihan kekuatan. Bila menyukai olahraga yang lebih menantang, Anda bisa mencoba permainan ski slalom atau big top juggling.

Nah, agar Anda bersemangat untuk bergerak di akhir pekan, simak solusi mengatasi alasan untuk gak berolahraga..

1. "Olahraga membuang waktu, dan menjauhkan kita dari keluarga"

Solusi:
Melakukan lompat tali, atau permainan kejar-kejaran bersama anak-anak bisa membakar 20 kalori. Sedangkan naik sepeda bisa membakar lemak hingga 35 kalori permenit.

2. "Gue udah terlalu cape seharian beraktivitas"

Solusi:
Cobalah untuk menjalani setengah porsi dari olahraga tersebut, karena jika satu kali mulai, Anda malah bisa berusaha untuk menyelesaikannya. Lagi pula, lebih baik setengahnya dari pada tidak olahraga sama sekali.

3. "Gue benci olahraga, karena sangat membosankan"

Solusi:
Samarkan perasaan itu dengan mencoba aktivitas lainnya. Cobalah untuk cuci mata ke mal atau bersihkan kebun kalian. Atau hanya mengajak anak-anak berjalan-jalan sore di sekitar kompleks.

Jika kalian akan berkumpul dengan teman-teman, sebaiknya lakukan aktivitas yang bergerak. Jalan-jalan di pantai, bersepatu roda, atau mengikuti kelas dansa bersama-sama.

4. "Acara favorit gue lagi ada di TV"

Solusi:
Tak perlu kalian melewatkan acara favorit di TV, lakukan angkat beban (dumbel seberat 2 kg) atau kayuh sepeda statis Anda sambil menonton TV.

------------------------------------------------------------------------------------------------------

Okay deh, sekarang udah tau kan.. Apa" ajah yang harus kita lakukan untuk hidup sehat.. Kita juga tau betapa pentingnya hidup sehat dengan berolah raga itu.. Makanya gak boleh males lagi nih untuk berolahraga.. Huwakakakakaka.. (Bisa nasehati orang tapi sendirinya juga males berolahraga) Kyaaaaaaaaa.. XD~

Kaboooooooooorrrrrrrrrrrrrrr...............!!!!!!!!!! Wuzzhh.. Wuzzhh.. Wuzzhh..

N.B. :

Semua data diambil dari Link di bawah ini :
>>> http://www.suaramedia.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar